Tugas dan Fungsi

1. Pembina  Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Publik a.     Menetapkan dan mengevaluasi kebijakan akses publik pada KPU Kota Sawahlunto;

b.     Melakukan pembinaan kepada PPID KPU Kota Sawahlunto.

2. Tim Pertimbangan Pelayanan Informasi memberikan  Pertimbangan atas seluruh informasi dan dokumentasi dalam rangka pelayanan informasi publik  pada KPU Kota Sawahlunto
3. Atasan PPID a.    Memutuskan dan mengevaluasi akses publik pada KPU Kota Sawahlunto;

b.    Menyelesaikan masalah yang muncul terkait manajemen pengelolaan dan pelayanan  Informasi Publik pada KPU Kota Sawahlunto;

c.    Mengevaluasi kinerja, struktur dan para penggungjawab akses Informasi Publik pada KPU Kota Sawahlunto;

d.   Memastikan manajemen pengelolaan dan Pelayanan Informasi Publik pada KPU Sawahlunto telah sesuai dengan  Perundang-Undangan;

e.    Bertanggungjawab kepada Pembina dan Tim Pertimbangan Informasi.

4. PPID a.    KPU Merencanakan, mengorganisasikan, melaksanakan, mengawasi dan mengevaluasi  pelaksanaan kegiatan pengelolaan dan Pelayanan Informasi Publik pada sekretariat KPU  Kota Sawahlunto;

b.    Menghimpun Informasi  Publik dari seluruh unik kerja  pada Sekretariat KPU Sawahlunto;

c.    Menata dan menyimpan Informasi Publik yang diperoleh dari  Sekretariat KPU Kota Sawahlunto;

d.   Menyeleksi Informasi Publik yang termasuk dalam kategori informasi yang dikecualikan;

e.    Membantu menyelesaikan sengketa pelayanan informasi bersama sub bagian hukum;

f.     Membuat dan menyampaikan laporan hasil pelaksanaan kegiatan secara berkala 3 (tiga) bulan sekali maupuan sewaktu-waktu kepada atasan PPID;

g.    Bertangungjawab kepada atasan PPID;

5. Tim Penghubung Penyedia Informasi dan Dokumentasi a.    Melaksanakan kegiatan pelayanan informasi kepada publik ;

b.    Mengumpulkan, mengolah data dan ikut serta membangun sistem informasi yang dikuasai masing –masing sub. Bagian;

c.    Mengkoordinasikan penyelesaian sengketa hukum yang berkenaan dengan masalah Informasi Publik kepada sub bagian hukum;

d.   Bertanggungjawab kepada PPID.

6. Desk Pelayanan Informasi dan Dokumentasi a.    Melakukan koordinasi dengan tim Penghubung penyedia informasi dan dokumentasi;

b.    Memberikan pelayanan teknis  berkoordinasi dan meminta bantuan Tim  Penghubung Layanan Informasi dan Dokumentasi;

c.    Bertanggungjawab kepada PPID.